FUNGSI ORGANIK

Bidang Pengamanan

a. Pengamanan Personil

Dilaksanakan tindakan preventif dengan cara memberikan pengarahan /petunjuk yang disampaikan secara tertulis atau disampaikan langsung kepada

anggota oleh para Dansat, Kabekang I/BB pada pengisian jam Komandan  atau pada waktu Apel Satuan gabungan yang dilaksanakan setiap hari kamis.

b. Pengamanan Materiil.

1).        Pengamanan  Materiil dilaksanakan sesuai dengan peraturan dan ketentuan  yang berlaku terutama pengamanan Senpimu.

2).        Dalam setiap pengunaan Senjata Api  dilengkapi dengan Surat Izin serta pemeriksaan gudang Senpimu secara rutin baik oleh petugas gudang maupun Kabekangdam I/BB.

3).        Ranmor.     Dalam kegiatan pengoperasian Ranmor selalu dilengkapi dengan Surat Perintah dari Kabekangdam I/BB dan Surat Jalan dari Danden Jasa Ang.

c. Pembinaan Karier

Jabatan.         Pengajuan usul jabatan Militer dan PNS dilingkungan Bekangdam I/BB berdasarkan Orgas Bekang Nomor Kep /25/V/2007 tgl 21 Mei 2007.

d.         Pembinaan Satuan.

Setiap hari Kamis diadakan Apel bersama/Apel Satuan dengan satlak Bekangdam I/BB Segarnizun Medan, kegiatan bagi personel Mabekangdam I/BB menyesuaikan dengan kegiatan dari Komando atas. Bela Diri Militer Yong Modo, dilaksanakan setelah senam pagi hari selasa maupun Jumat.

a)        Bidang jasa Angkutan.

(1)        Melaksanakan pergeseran pasukan dari satuan terkait yang akan berangkat maupun pulang tugas operasi.ke pelabuhan Belawan maupun daerah  perbatasan NAD.

(2)        Mengirimkan personel dan materiil untuk  melatih uji  coba  LCR dan KMC dilaut untuk  tugas  pengamanan  laut  daerah perbatasan Pangkalan Susu dan Pangkalan Brandan.

(3)        Melaksanakan perbaikan KM ADRI XXXIV di Belawan  dan perbaikan maupun renopasi ran Truck yang rusak di Bengkel Kompi Angmor Pulo Brayan Medan

b)        Bidang jasa Intendans.

(1)        Melaksanakan latihan bongkar pasang tenda peleton dan payung udara barang dalam rangka HUT Kodam I/BB dan HUT TNI.

(2)        Pelatihan Pegawai Depsos Medan tentang pemasangan dan penggunaan Tenda,Aldurlap Militer dan penanggulangan bahaya kebakaran yang dilaksanakan selama 3 (tiga) hari di Denjasa I-44-13  Medan.

c)         Uji Protap Satuan

a)         Peraturan Dinas Dalam

b)         Alarm Stelling

c)         Mencegah bahaya kebakaran.

 

Primkopad Bekangdam I/BB.

Koperasi Merupakan  alat  komando yang melaksanakan fungsi pelayanan kesejahteraan anggota Bekangdam I/BB beserta keluarganya.

a.         Bidang Usaha Simpan  Pinjam. Memberikan Usipa kepada anggota dengan jangka pinjaman  1  s/d 24  bulan.

b.         Bidang usaha Pertokoan. Melaksanakan pembelian barang secara tunai dan penjualan dengan kredit untuk memenuhi kebutuhan anggota.

c.         Memberikan bantuan kemalangan terhadap anggota

Pengawasan.

Kegiatan yang dilaksanakan selama TA 2010 sebagai berikut:

a.         Pengawasan dan pemeriksaan terhadap pengadaan dan penerimaan bekal serta pelaksanaan penditribusian.

b.         Penelitian dan pemeriksaan terhadap Buku Pertanggung Jawaban yang akan dikirim ke Dirbekangad dan Irjenad U.p Ka Unit Vermat khususnya pertanggung jawaban  setiap semester.

c.         Penelitian dan pemeriksaan terhadap ketertiban Administrasi pertanggung jawaban setiap bekal.

d.         Penelitian dan pemeriksaan terhadap laporan dari satlak jajaran Bekangdam I/BB.

 

e. Data pelanggaran Diskumtatib.

1. Kapten Cba Awaludin NRP 2910018240567, kasus Asusila, telah dijatuhi hukuman dengan Putusan Kasasi No : APIK-09/PM I-02/AD/II/2011 tanggal 2 Februari 2011 tentang tidak dapat meenrima permohonan Kasasi /Terdakwa dan dipecat dari dinas militer TNI AD.

2. Praka Puji Hartono NRP 31970487251076, kasus Desersi, telah dijatuhi pidana penjara selama 6 bulan sesuai Petikan Putusan No : Put/123-K/PM-I-02/AD/X/2010 tanggal 22 Oktober 2010.

3. Pratu Junaidi Subhi NRP 310506677707785, kasus Desersi, sampai dengan sekarang dalam pencarian Denpom I/5 Medan sesuai DPO tanggal 7 Ferbuari 2011.

4. Pratu Isbadri NRP 31060843711287, kasus Desersi, sampai dengan sekarang dalam pencarian Denpom I/5 Medan sesuai DPO tanggal 7 Ferbuari 2011.

5. Pratu Ricky Firdiansyah NRP 310510427111185, kasus pemukulan, telah disidangkan oleh Dilmil I-02 Medan pada tanggal 8 Maret 2011 dan dijatuhi hukuman penjara selama 2 bulan.